Biografi Adam Osborne | Penemu Laptop

Adam Osborne
Sudah tahukah anda penemu laptop yang sudah sangat populer pada saat ini? Penemunya adalah Osborne , Nama lengkapnya Adam Osborne. Adam Osborne adalah seorang Berkebangsaan Maerika yang bekerja sebagai Pengarang,Penerbit software dan juga desainer komputer yang lahir pada 6 Maret 1939-18 Maret 2003. Beliau sudah mendirikan beberapa perusahaan besar di Amerika dan Di berbagai belahan dunia lainnya.
Osborne terkenal karena buah karyanya yang menakjubkan dan mengubah kehidupan di Dunia, yaitu menciptakan Komputer Portabel (Laptop) pertama yang tersedia secara komersial pada tahun 1981. Komputer portabel pertamanya diberi nama Osborne 1 dan dirilis pada April 1981. Osborne 1 termasuk perangkat lunak pengolah kata dan spreadsheet. Beratnya £ 24,5 (12 kg), dan memakan biaya US $ 1.795-lebih dari setengah biaya komputer didapatkan dari produsen lain dengan fitur yang sebanding dan mampu menjalankan CP / M 2.2 sistem operasi yang  populer pada saat itu. Pada puncaknya, Osborne Computer Corporation mampu memproduksi 10.000 unit "Osborne 1" per bulan. Osborne adalah salah satu pelopor komputasi pribadi ( penggunaan Komputer untuk kepentingan pribadi) pertama untuk memahami sepenuhnya bahwa ada pasar yang luas dengan pembeli yang bukan komputasi pribadi. Ini terjadi pada saat IBM tidak akan mem"bundle" perangkat keras dan perangkat lunak dengan PC Osborne, jadi terpaksa Osborne menjual perangkat Laptop atau PC mereka secara terpisah,mulai dari : sistem operasi, monitor, dan bahkan kabel untuk monitor dijual secara terpisah.
Dikatakan bahwa pada tahun 1983, Adam Osborne membual bahwa ada dua komputer baru yang sedang mereka kembangkan. Laporan tersebut telah menghancurkan pelanggan yang memesan Osborn 1,dan membuat Osborn Komputer mengalami kebangkrutan pada tanggal 13 September 1983. Fenomena ini, jelas merupakan penyebab turunnya permintaan untuk produk yang lebih lama. Kemudian fenomena ini disebut sebagai efek Osborne. Namun,menurut sumber sumber terbaru,enyatakan bahwa penyebab kebangkrutan Osborne Komputer bukan lah hal itu,namun karena kesalahan manegement dan arus Kas yang tidak mencukupi. Adam Osborne telah menulis sebuah buku yang menceritakan tentang kehidupannya di perusahaan dan Naik Turunnya Perusahaan Osborne Komputer. Bukunya tersebut diterbitkan pada tahun 2001.
Software  
Osborne kemudian mendirikan Paperback Software International Ltd yang didasarkan pada gagasan bahwa perangkat lunak harus tersedia di kisaran harga $ 20. tetapi,Software Paperback telah gagal setelah dinyatakan bersalah melanggar hak cipta untuk penyalinan dari penampilan Lotus 1-2-3 .

Kehidupan pribadi

Adam Osborne lulus dari Universitas Birmingham pada tahun 1961 dan kemudian meraih gelar Ph.D. dari University of Delaware . Dia juga anggota Mensa .Menikah dan bercerai dua kali, pertama Osborne Menikah dengan Cynthia Geddes dan kemudian kepada Barbara Zelnick, Adam Osborne punya dua saudara perempuan dan tiga anak: Alexandra yang tinggal di Sacramento, Marc yang tinggal di Miami, dan Paul yang tinggal di Berkeley. Putranya Paul Osborne adalah spesialis pendidikan dan penulis LD SAT Study Guide, manual SAT terkenal bagi siswa dengan ketidakmampuan belajar. Pada tahun 1992, Osborne pindah ke India . Di india kesehatan Osborne menurun, menderita otak kecil yang sering memicu stroke . Ia meninggal pada tanggal 18 Maret 2003, di Kodaikanal , India,di  usianya yang  64. 

Cari Biografi