Biografi Gustave Eiffel | Perancang Menara Eiffel

Gustave Eiffel | Pendiri Menara Eifel | Ilmuan Dunia | Arsitek Dunia | Bangunan Tertinggi dunia
Alexandre Gustave Eiffel
Alexandre Gustave Eiffel lahir di Dijon Côte-d'Or, Perancis pada tanggal 15 Desember tahun1832 dan meninggal pada  27 Desember tahun 1923. Ia adalah seorang insinyur Perancis dan pengusaha, Ia juga seorang spesialis struktur logam.

Hampir semua orang di peloso dunia sudah kenal dengan yang namanya Menara Eifel. Sebuah menara yang sangat megah nan Tinggi di Prancis. Menara yang menjadi salah satu dari tujuh keajaiban dunia itu lah yang membuat nya terkenal ampai ke pelosok dunia, dibangun dari 1887-1889 untuk Pameran Universal 1889 di Paris, Perancis. Hal ini kurang dikenal bahwa ia merancang angker untuk Patung Liberty di New York Harbor, Amerika Serikat. Ia memperoleh keahliannya dalam konstruksi dengan merancang besi untuk jembatan.

Gustave Eiffel juga merancang La Ruche di Paris, yang akan seperti Menara Eiffel, menjadi landmark kota. Sebuah lingkaran bertingkat tiga struktur yang lebih mirip sarang lebah besar, itu diciptakan sebagai struktur sementara untuk digunakan sebagai anggur rotunda di Great Exposition of 1900.

Eiffel's reputasi mengalami kemunduran parah ketika ia terlibat dalam skandal keuangan putaran Ferdinand de Lesseps dan pengusaha gagal mendukung proyek Terusan Panama Perancis. Eiffel sendiri tidak ada hubungannya dengan keuangan, dan penghakiman bersalah kemudian terbalik.

Dalam tahun-tahun berikutnya Eiffel mulai belajar aerodinamis.

Eiffel meninggal pada tanggal 27 Desember 1923 di rumah besarnya di Rue Rabelais di Paris dan dikebumikan di Cimetière de Levallois-Perret, di Paris.

Dalam bahasa Inggris nama keluarga paling sering diucapkan dalam mode Jerman, bukan dalam mode Perancis.

Refferensi:
http://kolom-biografi.blogspot.com/2010/01/biografi-gustave-eiffel-perancang.html

Cari Biografi