17 Mei 2011

Biografi William Shakespeare | Satrawan Besar Inggris

Foto William Shakespeare | Biografi Tokoh Dunia
William Shakespeare
  
William Shakespeare adalah budayawan dan sastrawan besar Inggris. Namanya bahkan telah mendunia dan masuk daftar 100 tokoh paling berpengaruh di sepanjang sejarah menurut Michael Hart. Ia banyak menulis naskah drama tentang tragedy, komedi, sejarah, puisi naratif dan sonata. Naskah drama yang ditulisnya banyak diangkat ke layar lebar seperti Julius Caesar dan Romeo & Juliet. Tahun paling produktif bagi Shakespare antara 1583 dan 1613. Karya-karyanya telah diterjemahkan dalam berbagai bahasa dan dipentaskan diberbagai belahan dunia.

Lahir di Stratford-upon-Avon, Inggris, April 1564, putra John Sekspeare dan Mary Arden. Ia berasal dari keluarga menengah. Di bangku sekolah ia banyak mempelajari bahasa latin, karya filosof Yunani dan Romawi, kisah-kisah dari berbagai tempat seperti Italia, Perancis, Asia Minor, dan Afrika Utara. Beberapa kisah-kisah ini menjadi fundament karya-karya Shakespeare. The Golden Ass karya Apuleius, menginspirasikan karya Shakespare berjudul Impian di Tengah Musim. Romeo dan Juliet adalah kisah abad ke-16 oleh Luigi da Porta dari Italia yang bersumpah bahwa cerita tersebut adalah berdasarkan cerita nyata.

Selama hidup Shakespeare Inggris diperintah Ratu Elizabeth I.Era ini dapat dikatakan era damai tanpa diwarnai peperangan walaupun Inggris masih berseteru dengan Prancis dan Spanyol. Ini disebabkan perselisihan dipecahkan dengan jalur diplomasi. Keadaan ini menyebabkan roda perekonomian berjalan stabil, kota berkembang pesat, termasuk bidang kesenian dan hiburan. Panggung-panggung pertunjukan selalu ramai dikunjungi orang. Selain itu, Eropa sedang mengalami masa kebangkitan (renaisans) yang memunculkan ekspektasi dan minat tinggi terhadap seni, musik, dan arsitektur.

Shakespare kemudian pergi ke London, berkarir dalam dunia teater dan penulis drama. Ketika usianya menginjak 30 an Shakespeare sudah dianggap penulis drama Inggris terkemuka. Sepuluh tahun kemudian, dia sudah membuahkan karya-karya besar seperti Julius Caesar, Hamlet, Othello, Macbeth dan King Lear.

Pada awal 1590an, William Shakepseare telah menjadi seorang penulis drama dan aktor terkenal di London. Tanggal 28 November 1582 Shakespeare menikah dengan Anne Hathaway yang berumur delapan tahun lebih tua. Mereka dikaruniai tiga anak: Susanna, dan si kembar Hamnet dan Judith. Istri dan ketiga anaknya tinggal di Stratford, dan kemungkinan besar Shakespeare pergi mengunjungi mereka setahun sekali. Pada tahun 1596 Hamnet meninggal dunia. Karena kemiripan nama, banyak orang berpikir bahwa hal ini mengilhaminya untuk menulis The Tragical History of Hamlet, Prince of Denmark.

Shakespeare menjadi aktor sangat populer. Ratu Elizabeth I dan Raja James I bahkan sangat menyukai karya-karyanya. Pada pemerintahan James I, Shakespeare dan kawan-kawan terkenal dengan sebutan "Orang-orang Raja" karena Raja James I menjadi penonton setia pentas-pentas drama Shakespare. Shakespeare bahkan sering pentas di istana kerajaan, di teater Globe dan di rumah sandiwara mereka, dan teater Blackfriars. Untuk mendapatkan lebih banyak uang, mereka juga mengadakan tur keliling Inggris.

Teater-teater zaman Elizabeth berbentuk bangunan kayu bertingkat. Penonton duduk di ketiga sisi atau berdiri di tengah-tengah lantai. Bagian tengah teater atapnya terbuka karena masa itu belum ada penerangan buatan. Teater Globe selalu ramai dan padat pengunjung. William Shakespeare menulis selama 25 tahun, menghasilkan karya 36 - 39 dengan topik beragam mulai dari romans komik hingga perang saudara, dari permainan domestik hingga kejadian politis yang menggegerkan dunia. Shakespeare berhenti menulis pada tahun 1611 dan meninggal dunia tahun tahun 1616. Sampai wafatnya ia tetap menikah dengan Anne. Karya-karya Shakespare yang terkenal antara lain:

No
Jenis karya
Judul Karya
1
Drama Tragedi
Romeo and Juliet, Macbeth, King Lear, Hamlet, Othello
Titus Andronicus, Julius Caesar, Antony and Cleopatra
Coriolanus, Troilus and Cressida, Timon of Athens
2
Drama Komedi
The Comedy of Errors, All's Well That Ends Well, As You Like It, A Midsummer Night's Dream, Much Ado About Nothing, Measure for Measure, The Tempest, Taming of the Shrew, Twelfth Night, or What You Will, The Merchant of Venice, The Merry Wives of Windsor, Love's Labour's Lost
The Two Gentlemen of Verona, Pericles Prince of Tyre
Cymbeline, The Winter's Tale
3
Drama Sejarah
Richard III, Richard II, Henry VI, part 1, Henry VI, part 2, Henry VI, part 3, Henry V, Henry IV, part 1, Henry IV, part 2, Henry VIII, King John
4
Puisi
Shakespeare's Sonnets, Venus and Adonis, The Rape of Lucrece,The Passionate Pilgrim, The Phoenix and the Turtle, A Lover's Complaint





Referensi: www.wikipedia.org
http://www.biografitokoh.com

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar